Malang. Komandan Wing II Paskhas, Kolonel Pasukan Budi Sumarsono mewakili Komandan Korpaskhas, secara resmi menutup Latihan Pemantapan kemampuan (Lattapuan) Matra Udara Korpaskhas TA. 2013 di lapangan apel Markas Batalyon 464 Paskhas Malang yang diikuti oleh 140 pelaku dan pendukung latihan, baru-baru ini.

Pada Upacara tersebut secara simbolis Danwing II Paskhas melepas tanda latihan terhadap 2 orang perwakilan peserta Latihan Pemantapan Kemampuan Matra Udara.

Latihan ini telah digelar di beberapa daerah, antara lain wilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan kompleks Lanud Abd. Saleh Malang yang dimulai pada tanggal 26 Agustus 2013 lalu.

Personil yang terlibat berasal dari Kompi Matra Batalyon 461 Jakarta dan Kompi Matra Batalyon 464 Paskhas Malang yang melibatkan tim-tim di dalamnya yakni Tim Dalpur (Pengendali Tempur), Tim Dallan (Pengendali Pangkalan), Jump Master dan Tim SAR (Search And Rescue). Kegiatan ini sekaligus sebagai latihan terakhir bagi kompi matra tersebut sebelum kedua satuan itu ditingkatkan statusnya menjadi Detasemen Matra 1 dan 2 yang secara garis komando dibawah langsung Wing I dan Wing II Paskhas.

Sebagai Direktur Latihan (Dirlat) pada Lattappuan ini dipercayakan kepada Asops Korpaskhas Letkol Psk Novlamirsyah serta Komandan latihan yaitu Danyon 464 Paskhas, Letkol Psk Joko Prasetyo.  Seluruh rangkaian kegiatan Latgab TNI 2013 telah berlangsung sesuai dengan rencana,

Sementara itu Danwing II Paskhas dalam sambutannya pada upacara tersebut mengatakan, bandara dan airstrip yang ada di wilayah NKRI memiliki nilai strategis sebagai center of grafity dalam mendukung operasi udara. Latihan inipun memiliki sasaran utama untuk tetap terpeliharanya kemampuan matra udara dalam melaksanakan tugas operasi serta pengenalan terhadap keanekaragaman lanud maupun bandara di seluruh NKRI dalam menyongsong tugas-tugas yang akan dihadapi di masa mendatang.

Mengakhiri amanatnya, Danwing II Paskhas menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Lanud Abd. Saleh dan jajarannya serta kepada unsur pelatih, pendukung dan pelaku yang terlibat dalam latihan ini, atas suksesnya penyelenggaraan Latihan pemantapan Kemampuan Matra Udara TA. 2013.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat Lanud Abd. Saleh, Depohar 30, Mawing II Paskhas dan Batalyon 464 Paskhas.

Seusai melakukan penutupan latihan, Danwing II Paskhas berkesempatan melakukan peresmian monumen visualisasi OP3U (Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara) dimana OP3U merupakan salah satu tugas pokok Korpaskhas. Visualisai tersebut dibangun di Mayon 464 Paskhas, Malang. Dalam monumen visualisasi tersebut digambarkan tahapan pelaksanaan operasi udara dalam merebut suatu pangkalan udara yang telah dikuasai musuh.