MAKASSAR. WING II PASKHAS - Setelah melaksanakan tahapan latihan gladi posko, Mawing II Paskhas melanjutkan ke tahapan manuver lapangan dalam latihan Hardha Marutha tahun 2021 (Dhamar-21) combine latihan Sikatan Daya Koopsau II tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 25 Agustus 2021 di Lanud Abdulrachman Saleh, Lanud Sultan Hasanuddin dan Air Weapon Range (AWR) TNI AU Pandanwangi, yang mana melibatkan Tim Pengendali Tempur, Tim Pengendali Pangkalan, Tim Jump Master dan Batalyon Satpur Paskhas serta Detasemen Hanud dari jajaran Wing II Paskhas. Manlap terlaksana dengan sukses lancar dan Zero Accident maupun inccident. (28/8/2021).


Dalam manlap tersebut, Tim Dalpur, Tim Dallan, Tim Jump Master dan Batalyon Satpur melaksanakan mission planning infiltrasi, MC OP3U dan OPKU bersama dengan unsur C-130, unsur Intai Boeing 737 dan unsur C-212 dan Komandan Batalyon 464 Paskhas ditunjuk oleh Pangkogasud menjadi Mission Commander OP3U sekaligus OPKU yang memimpin Package Commander dalam melaksanakan misi.

Diskenariokan Tim Dalpur melaksanakan terjun HALO pada ketinggian 15.000 feet di DZ Malang Selatan, Kemudian setelah itu ratusan prajurit satuan tempur dan tim pengendali pangkalan melaksanakan penerjunan dengan 3 pesawat C-130 di DZ Lanud Abd. Saleh melaksanakan operasi perebutan dan pengoperasikan pangkalan udara. Setelah pangkalan udara sudah direbut, Batalyon Satpur melanjutkan operasi pertahanan pangkalan udara. Tidak hanya itu, tim pengendali pangkalan setelah berhasil mengoperasikan kembali pangkalan melaksanakan controlling terhadap pesawat C-212 yang akan melakukan evakuasi medis udara. Kemudian dilain sisi, tim Dalpur Paskhas melaksanakan kontrol dropping bekal ulang 1 dan 5 yang di drop out dari pesawat C-212.

Selanjutnya, prajurit Paskhas juga melaksanakan penembakan 3 rudal QW-3 terhadap sasaran target drone S70, penembakan Mortir 81, Mortir 60 LR, Mortir 60 Tampela serta penembakan SLT RBR-80 di Air Weapon Range (AWR) TNI AU Pandanwangi dan simulasi pertahanan udara Satbak Oerlikon Skyshield di Lanud Sultan Hasanuddin. Seluruh operasi yang dilaksanakan dalam latihan kali ini dipantau langsung oleh Puskodal Kogasudgab di Makassar.


Sebelum kegiatan manuver lapangan dimulai, Komandan Wing II Paskhas Kolonel Pas Wahyu Tunggul W., S.Sos. mengatakan bahwa kegiatan manuver lapangan ini merupakan aplikasi latihan taktis yang dilakukan di medan dalam keadaan yang hampir sama dengan keadaan pertempuran yang sesungguhnya, sehingga taktik dan teknik yang sudah diterima dalam latihan satuan dapat diterapkan pada tahapan manuver lapangan ini. Selain itu proses koordinasi antar Satuan Paskhas dengan Skadron Udara merupakan suatu kegiatan yang tidak boleh dikesampingkan, karena dari situlah operasi dapat dijalankan, dan pada manlap Dhamar-21 dan Sida-21 kali ini sebelum melaksanakan kegiatan para Mission Commander menyampaikan rencana pelibatan tiap-tiap Package Commander dan rencana taktis pergerakan yang dilaksanakan oleh Mission Commander.

Selain itu, Kolat beserta seluruh pelaku sepakat untuk menerapkan safety dalam setiap kegiatan latihan, dan hal tersebut pada akhirnya menghasilkan  kewaspadaan yang tinggi diseluruh pelaksana, pelaku dan pendukung manlap Dhamar-21 kali ini.

Dengan berakhirnya manuver lapangan Sida-21 dan Dhamar-21, menandakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan tahapan latihan terlah terlaksana semuanya dan secara resmi latihan Sida-21 dan Dhamar-21 ditutup oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P.