Pontianak. Batalyon 465 Paskhas menggelar Uji Siap Operasi yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon 465 Paskhas Letkol Psk Soleh, S.Pd., M.M. Uji Siap Operasi ini merupakan program kerja dari Mako Korpaskhas yang dilaksanakan oleh seluruh jajarannya guna untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana pembinaan satuan selama ini dalam hal kemampuan kesiapan operasi satuan untuk menghadapi pelaksanaan tugas TNI di masa mendatang yang semakin berat dan penuh dengan tantangan. Selain itu kegiatan Uji Siap Operasi ini juga menjadi ajang untuk berkompetisi dengan seluruh satuan jajaran Korpaskhas untuk menjadi satuan yang mempunyai kesiapan operasi yang maksimal dalam pelaksanaan tugas yang ditugaskan oleh Mako Korpaskhas.(16/09).

Dalam kegiatan tersebut yang bertindak sebagai pengawas dan penilai langsung dari Mako Korpaskhas Mayor Psk Kutoyo kemudian diambil 100 personel terbaik di setiap satuan dengan komposisi dari Komandan Batalyon secara langsung sampai kejajaran bawah setingkat regu, sehingga hasil yang dicapai nantinya diharapkan mendapat hasil yang murni dan maksimal tentang bagaimana kesiapan satuan tersebut. Di dalam pelaksanaan Uji Siap Operasi di Batalyon 465 Paskhas  dilaksanakan dalam beberapa materi dan di setiap materi akan diberikan nilai untuk setiap prajurit sehingga dapat diambil nilai rata-rata satuan yang nantinya akan dijadikan acuan dengan hasil yang didapat dari satuan lain di jajaran Korpaskhas.

Kegiatan Uji Siap Operasi dimulai dan diawali dengan materi lari 10 km dengan waktu tercepat 41 menit dilanjutkan materi Menembak Senapan, Menembak Pistol untuk perwira, Lempar Pisau, Renang Militer, Halang Rintang (HR), SAR Tempur (Sarpur)  dan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U). Sebelum kegiatan dimulai, Komandan Batalyon 465 Paskhas Letkol Psk Soleh, S.Pd., M.M memberikan motivasi kepada seluruh personel yang melaksanakan Uji Siap Operasi untuk bangkit dan bangun dari tidur menghadapi semua rintangan dengan tidak ada keraguan, laksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan yakin dengan kemampuan yang selama ini telah dilatihkan serta seoptimal mungkin karena itu merupakan jati diri dan kebanggaan kita sebagai tanggungjawab prajurit Batalyon 465 Paskhas.