LUMAJANG. MAKO KORPASKHAS - Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P menyatakan rasa bangga dengan profesionalisme Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) dalam manuver lapangan (Manlap) Latihan Angkasa Yudha (Ayu) 2021. Rabu (24/11/2021).

Beberapa kemampuan Paskhas yang telah dipraktikkan pada latihan puncak TNI AU ini, membuat orang nomor satu di TNI AU ini memberikan apresiasinya kepada pasukan baret jingga.

“Saya melihat spirit prajurit Paskhas sangat membanggakan, baik yang saya lihat secara langsung maupun melalui tayangan video. Sebagai contoh operasi infiltrasi dan sabotase yang dilakukan oleh satuan Bravo Paskhas., kemampuan ini sangat luar biasa dan saya sangat bangga dengan profesionalisme kalian,” tegas Kasau.

Menurut Kasau, kemampuan khusus yang dimiliki Paskhas harus terus dilatihkan dan dikembangkan, agar tingkat profesionalisme prajurit Paskhas tetap terjaga. “Saya cukup berbangga dengan capaian latihan ini dan ini akan terus kita kembangkan”.

Dalam manlap Angkasa Yudha 2021, Paskhas menampilkan beberapa kemampuannya, seperti penerjunan dengan teknik high altitude high opening (Haho), High Altitude Low Opening (Halo), infiltrasi, sabotase malam hari, Combat Search and Rescue (CSAR), Penerjunan Satpur dan Dallan, Simulasi Airlanded, penembakan Oerlikon, Sniper, Penembakan NTW, Penembakan MO 81, Penembakan 60 LR, Penembakan SMB 12,7 MM (Browning), Penembakan APC, Penembakan SLT dan terakhir melakukan Serbuan APC. Dengan kemampuan khusus yang dimiliki Paskhas ini harus terus dilatihkan dan dikembangkan, agar tingkat profesionalisme prajurit Paskhas tetap terjaga.