KORPASKHAS, Yonko 469 Paskhas – Batalyon Perebutan dan Pertahanan Pangkalan (Yonbuthanlan) 469 Paskhas berhasil merebut kembali dan mempertahankan Lanud Soewondo Medan yang merupakan objek vital yang sangat penting di kawasan Sumatera Utara setelah sebelumnya dikuasai oleh aggressor dari Negara Musang. Medan, Rabu pagi (28/7/21).

Kegiatan ini merupakan skenario latihan salah satu materi yang diujikan pada pelaksanaan Latihan Uji Siap Operasi (LUSO) TNI AU unsur Paskhas TA.2021. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danyonko 469 Paskhas Letkol Pas Agus Yoga Permana dan diawasi pelaksanaannya oleh Tim Supervisi dari Mako Korpaskhas yang diketuai oleh Mayor Pas Erwan Hidayat Pabandalatma Bandyalatgabma Sops Korpaskhas.

Adapun rangkaian pelaksanaan LUSO TA. 2021 yang dimulai dari tanggal 26 s/d 30 Juli 2021diawali dengan Apel Gelar Kesiapan Operasi, dilanjutkan materi menembak senapan yang meliputi menembak senapan presisi 3 sikap, tembak reaksi dan tembak tempur ofensif, halang rintang, simulasi operasi perebutan dan pertahanan pangkalan yang disatukan dengan gelar kompi bantuan, lintas medan, manajemen staf dan pencapaian Sasbinpuan Korpaskhas.

Danyonko 469 Paskhas Letkol Pas Agus Yoga Permana menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit Batalyon Komando 469 Paskhas, baik sebagai pelaku maupun pendukung yang telah berupaya melaksanakan kegiatan dengan maksimal sehingga LUSO TA. 2021 dapat berjalan dengan aman dan lancar serta penuh semangat. Diharapkan melalui kegiatan ini, seluruh prajurit dapat meningkatkan motivasi untuk terus berlatih dan dapat mengaplikasikan hasil kegiatan latihan di medan operasi sebenarnya.