Jakarta (08/2). Prajurit Wing I Paskhas Jajaran Jakarta menggelar simulasi Pengendalian Huru Hara (PHH) di seputaran Makowing I Paskhas untuk menghadapi Pam Pilpres tahun 2019.

Wadan Wing I Paskhas Letkol Pas Dedy Agung Sulistiya, M.Si. (Han) mengampil apel kesiapsiagaan Pam Pemilu 2019 di Lapangan Bola Wing I Paskhas didampingi para Komandan Satuan Jajaran Jakarta.

Dalam amatnya Wadan Wing I Paskhas menyampaikan “Simulasi Pengendali Huru Hara kali ini agar seluruh prajurit memahami aturan yang ada dan apabila ada hal yang menuntut untuk kita bertindak jangan ragu dan tidak takut-takut dengan melaksanakan sesuai aturan yang benar”. Sebelum simulasi dilaksanakan prajurit di beri pembekalan tentang netralitas TNI oleh Kakum Wing I Paskhas Lettu Sus Suwarto, S.H.

Disekenariokan pelaksanaan pemungutan suara di TPS Dirgantara III Halim P terjadi kerusuhan puluhan massa berorasi dengan membawa spanduk bertuliskan “Kami minta!! Coblos ulang”. Pasukan Pengendalian Huru Hara (PHH) dengan sigap menghadang massa dengan membentuk formasi bertahan, massa tidak terkendali mengamuk melempar batu, membakar ban bekas dan melemparkan air keras ke pasukan dan mengenai salah satu dari prajurit kemudian Tim Kesehatan Wing I Paskhas segera mengevak memberikan pertolongan pertama. Pasukan Pengendalian Huru Hara (PHH) berhasil memukul mundur massa serta staf intelijen menangkap provokator untuk dimintai keterangan dan mencari informasi lebih lanjut.