Jakarta, Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) yang terdiri dari Sat-81 Gultor Kopassus, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Marinir dan Sat Bravo ’90 Paskhas menggelar latihan bersama penanggulangan teror di Batalyon Komando 461 Paskhas, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (24/1).

Upacara pembukaan latihan penanggulangan teror “Waspada Nusa V” tahun anggaran 2013 berlangsung di lapangan Batalyon Komando 461 Paskhas, Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Staf Umum TNI Marsdya TNI Boy Syahril Qamar.

Latihan Satgultor dengan sandi 'Waspada Nusa V' tersebut digelar untuk mengantisipasi dan merespon kemungkinan terjadinya kontinjensi aksi teror yang mengancam NKRI terutama menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2014.

Latihan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional dan menjawab permasalahan terkait aksi teroris di obyek vital strategis serta meningkatkan integrasi dan keterpaduan antar BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris).

Latihan Waspada Nusa V dibagi dalam dua tahap, yaitu: Latihan Posko yang dilaksanakan mulai tanggal 24-25 Januari  2014 di Batalyon Komando 461 Paskhas Jakarta, sedangkan Latihan Lapangan dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 29 Januari 2014 di area sekitar Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakabais TNI Marsda TNI Amarulah, Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Ahmad Faridz Washington dan para pejabat TNI/Polri serta Muspida setempat.