Makassar (07/10). Bertempat di Taxy Way Lanud Sultan Hasanuddin, Prajurit Paskhas di wilayah Makassar mengikuti upacara dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI tahun 2019 dengan tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Upacara yang berlangsung di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar juga diikuti oleh seluruh jajaran prajurit TNI wilayah Makassar.

Adapun bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.IP., M. Si. dan selaku Komandan Upacara Letkol Pas Arie Setyo W., S.IP. yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Komando 466 Paskhas.

Dalam sambutannya, Irup Pangdam XIV/Hasanuddin membacakan amanat tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan bahwa sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan yang baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruktif diberbagai bidang. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi.

Lebih lanjut, menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.

Selain dihadiri oleh Komandan Wing II Paskhas Kolonel Pas Nasser, S.T., juga turut hadir pula dalam upacara tersebut Wakil Gubernur Sulsel Bpk. Andi Sudirman Sulaiman, S.T., Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Achmad marzuki, Danlantamal VI Makassar Laksma TNI Hanarko Djodi Pamungkas, Kaskoopsau II Marsma TNI Andi Kustoro, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Mas Guntur Laupe, S.H., M.H. dan pejabat TNI Polri wilayah Makassar serta pejabat Forkopimda Makassar dan Maros.