Malang (16/1) Detasemen Matra 2 Paskhas memberangkatkan 1 Tim Pengendali Pangkalan yang dipimpin oleh Wadandenmatra 2 Paskhas Mayor Pas Irrie untuk menuju Bandara Tempa Padang Mamuju dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules A 1303 dari Lanud Abdulrachman Saleh. Minggu (17/1).


Tim Pengendali Pangkalan ini bertugas untuk membantu Bandara Tempa Padang untuk memastikan operasional tetap bisa digunakan dan berjalan dengan baik, sehingga bantuan-bantuan yang akan datang menggunakan jalur udara dapat langsung dengan lancar dan dapat didistribusikan ke daerah yang terdampak gempa. Sesuai dari tugas dan fungsi dari Tim Pengendali Pangkalan (DALLAN) adalah mengaktifkan kembali Pangkalan Udara yang telah hancur akibat pertempuran yaitu antara lain kegiatan dukungan penerbangan meliputi : PLLU, Meteo, Banmin dan Zeni Lapangan untuk memperbaiki sarana prasarana Pangkalan Udara yang telah rusak atau hancur.


1 Tim Pengendali Pangkalan ini dilepas langsung oleh Komandan Detasemen Matra 2 Paskhas Mayor Pas Anang Kurniawan, Dandenmatra 2 Paskhas berpesan tetap berhati-hati dalam menjalakan tugas, laksanakan dengan ikhlas dan professional dan tetap menjaga kesehatan serta pedomani protokol kesehatan.