Bandung, Kunjungan tim BPK RI ke Mako Korpaskhas dan satuan jajaran, untuk melaksanakan salah satu fungsinya pemeriksaan sejauh mana kegiatan dan pertanggungjawaban penngunaan anggaran baik pada tingkat Mako Korpaskhas maupun satuan jajaran Paskhas.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Amarullah, dalam sambutannya pada acara pembukaan Taklimat Awal Pemeriksaan PBK RI. di Ruang Rapat Markas Komando, Lanud Sulaiman, Bandung. Senin (18/06).

Untuk mempermudah dan kelancaran kelangsungan selama proses pelaksanaan pemeriksaan administrasi dilapangan, terlebih dahulu Komandan Korpaskhas memperkenalkan Inspektur dan para Asisten, Komandan Satuan serta pejabat baik pada tingkat Mako Korpaskhas maupun satuan jajaran Korpaskhas. Perkenalan oleh Dankorpaskhas.

Dankorpaskhas menyampaikan, keberadaan Tim BPK tentunya bukan dimaksudkan mencari-cari kesalahan, kedatangan tim ini merupakan lebih kepada kegiatan yang ersifat positif serta layak didukung oleh semua pihak, sebagai bagian dari semangat transparansi. Demi menciptakan kinerja satuan yang transparan, kredibel dan akuntabel, demi terwujudnya pemerintah yang bersih.

Apabila dalam pemeriksaan nanti terdapat temuan permasalahan, kami sangat mengharapkan saran penyempurnaan dan koreksi untuk perbaikan sesuai dengan batas kewenangan serta sekaligus dapat menjembatani untuk pemecahan permasalahan tersebut. Tambah Dankorpaskhas.

Dankorpaskhas juga menghimbau, sesuai dengan fungsi serta tujuan tim BPK RI. Dalam rangka membantu Korpaskhas agar dalam penggunaan dan melaksanakan tertib administrasi dan pengelolaan keuangan negara secara baik dan benar sesuai dengan apa yang telah diamanatkan Undang-undang Dasar 1945.

Dankorpaskhas perintahkan, para komandan satuan, dan para perwira staf untuk selalu bersikap kooperatif dalam memberikan data-data yang dibutuhkan maupun keterangan, baik yang menyangkut anggaran maupun pelaksanaan kegiatan lainnya guna menghindari terjadinya salah paham.

Dankorpaskhas mengharapkan, agar seluruh perwira terkait memanfaatkan kesemptan dan waktu yang ada untuk bertanya kepada Tim BPK terhadap hal-hal yang sekira elum dipahami ataupun belum dimengerti.

Hadir pada kesempatan tersebut para Wadan Korpaskhas, Tim BPK RI, pejabat Korpaskhas, Komandan Wing I, Wing II dan Wing III Paskhas, para perwira serta Pejabat dilingkungan Markas Komando Korpaskhas.