Bandung(11/01), Seluruh personil Pusdiklat Paskhas melaksanakan swab antigen di gedung Pandawa Pusdiklat Paskhas. Senin(11/01).

Swab antigen adalah prosedur proses pengambilan sampel dari swab antigen sebenarnya mirip dengan pemeriksaan PCR, yaitu melalui hidung atau tenggorokan menggunakan alat yang bentuknya mirip dengan cotton bud, hanya saja tangkainya lebih panjang. Namun, rapid test antigen akan memberikan hasil selama 15 menit, hingga 1 jam setelah sampel diambil dan dirasa lebih akurat ketimbang rapid test antibodi, yang dilakukan dengan pengambilan sampel darah. Jika dibandingkan dengan rapid test antibodi yang hanya memberikan nilai akurasi sebesar 18 persen, rapid test antigen memiliki tingkat akurasi yang lebih baik, yaitu hingga mencapai 97 persen.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari sebagai syarat bagi personil yang akan melakukan penerjunan penyegaran, sekaligus sebagai fungsi screening terhadap personil pusdiklat paskhas di era pandemi Covid19 yang kasusnya semakin meningkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pakes Pusdiklat Paskhas, Letda kes dr. Wahyu Dasopang, seluruh Tim Kesehatan Pusdiklat Paskhas, Perwira, Bintara dan Tamtama Pusdiklat Paskhas.