Medan (14/2).Bertempat Lapangan Makodam I Bukit Barisan Jl. Gatot Subroto Km 7,5 Medan sebanyak satu peleton Prajurit Yonko 469 Paskhas yang dipim[in oleh Dantonpan 2 Kipan A Lettu Pas Emil Yandri S.T.Han mengikuti upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi TA. 2020 yang dipimpin oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah.

Upacara diikuti Prajurit Polisi Militer gabungan dari tiga matra (AD, AL, dan AU), perwakilan dari Propam Polda Sumut di wilayah Kodam I/BB, 1 Kompi gabungan TNI AD, 1 Kompi gabungan dari TNI AL dan 1 Kompi gabungan TNI AU.

Pangdam menjelaskan, operasi ini adalah kegiatan tahunan, yakni dari 2 Januari sampai 31 Desember, dan digelar sepanjang tahun, sehingga setiap tahun akan dimulai lagi. Pangdam juga menyampaikan amanat tertulis Panglima TNI, Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto, SIP. yakni, Panglima TNI memerintahkan agar diterapkan inovasi-inovasi baru Gakkum yang dapat meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI.

Di akhir amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam I/BB, disampaikan beberapa penekanan kepada seluruh Prajurit TNI yaitu pegang teguh komitmen Netralitas TNI dalam rangka Pilkada serentak tahun 2020 sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Turut hadir dalam upacara yaitu Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul SAB, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, Danwing III Paskhas Kolonel Pas Novla Mirsyah S.E.,M.Tr., (Han) Danpomdam I/BB, Kolonel CPM Sudarma Setiawan dan para pejabat TNI Polri di wilayah kota Medan.