Bandung, (17/11) Bertempat dilapangan Satdik Purat, Pusdiklat Paskhas, Margahayu, Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa(17/11).

Sejumlah 32 prajurit yang terdiri dari perwira, bintara dan tamtama mengikutites samapta semester II tahun anggaran 2020.

Di awali dengan pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan tensi dari tim keseheatan pusdiklat paskhas , pelaksanaan tes sampta semester ke-2 A dan B yang meliputi lari 3200Meter, pull up, sit up, push up, dan shuttle run ini di awasi langsung Kepala Dinas operasi(Kadisops) Letkol Pas Mores bonte,S.Pd beserta staf dan di bantu oleh anggota dinas personil pusdiklat paskhas.

Maksud dan tujuan melaksanakan tes samapta ini ialah, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan prajurit Pusdiklat Paskhas setelah melaksanakan latihan maupun pembinaan fisik yang telah dilaksanakan selama enam bulan sebelumnya.

Sementara itu Komandan Pusdiklat Paskhas Kolonel Pas Anis Nurwahyudi secara tegas mengatakan, bagi prajurit yang tidak memenuhi standart penilaian kelulusan akan di laksanakan pembinaan khusus sampai prajurit yang bersangkutan dinyata memenuhi syarat.

Karena sebagai lebaga pendidikan kualifikasi Paskhas, para prajurit yang yang berdinas di Pusdiklat Paskhas mulai pada tingkat perwira, bintara dan tamtama, harus dapat menjadi contoh bagi prajurit siswa, baik dalam hal kemampuan ilmu pengetahuan terlebih lagi kemampuan fisik. Tegas Kolonel Pas Anis Nurwahyudi.

Tes samapta yang diselenggarakan satu kali dalam enam bulan ini, selain wajib untuk setiap prajurit untuk pengambilan nilai semesteran, namun juga merupakan hal yang cukup penting bagi prajurit disamping sebagai persayaratan dalam mengikuti pendidikan dan menjadi persayaratan utama bagi prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas penting baik untuk menghadapi tugas dalam negeri maupun penugasan keluar negeri. Tambahnya.