Kupang.          Latihan Trisula Perkasa tahun 2013 memilih wilayah Lanud El Tari Kupang dan bandara Kupang dan  sekitarnya  sebagai suatu komitmen bahwa Pangkalan TNI Angkatan Udara dan bandara dan air strip yang ada diwilayah NKRI memiliki nilai strategis sebagai centre of grafity dalam suatu penggelaran operasi udara. 

Dalam rangka kelancaran dan kesiapan Latihan ”Trisula Perkas” Direktur Latihan yang sehari-hari menjabat sebgai Wadan Korpaskhas marsekal Pertama TNI MB. Manurung., menyaklsikan secara langsung pelaksanaan penerjunan Tim Bravo Paskhas dan Tim pengendali tempur Paskhas  didampingi para asisten Korpaskhas dan pejabat Korpaskhas, di Desa Owil Tuan, Kecamatan Kupang Timur, Kab Kupang, jarak tempuh dari sasaran Lanud maupun Bandara yang dikuasai musuh sekitar 20 Km.

Peran dua team tersebut yaitu team Bravo dan Team Dalpur dalam Operasi Perebutan, pengendalian, Pangkalan Udara (Ops 3U) sangat besar, karena melakukan infiltrasi yang diterjukan melalui pesawat udara yaitu dengan cara Haigh Altitude Low Opening (HALO) dan Haigh Altitude Haigh Opening (HAHO), infiltrasi melalui udara ini merupakan awal dilaksanakannya Operasi, Perebutan, Pengendalian Panga Udara.

Karena Team bravo akan melakukan penyusupan kewilayah daerah yang telah dikuasai musuh untuk mempelajari serta mengetahui data-data kekuatan musuh, sementara tugas team Dalpur yaitu mempelajari daerah penembakkan secara langsung dari udara pesawat tempur Kawan (TNI AU) guna menghancurkan kekuatan musuh serta menyiapakan daerah penerjunan (Drooping Zone) untuk satuan tempur Paskhas.

Dua team yaitu Bravo 90 Paskhas dan Tim Dalpur Paskhas ini sendiri akan melaksanakan penerjunan Tim Bravo Paskhas pada pukul 22.00 Wit  tanggal 23 Minggu malam, sementara Tim Dalpur pada 22.00 Wit pada selasa malam tanggal 25 Juni 2013, sebagai awal dilaksanakan Op3u di Lanud El Tari Kupang, dalam skenario latihan Pangkalan Udara El Tari Kupang, telah dikuasai oleh negara Musang. Dalam operasi Korpaskhas dengan sandi “Trisula Perkasa”, akan merebut kembali Pangkalan Udara Eltari kupang dari kekuatan musuh.