Medan (4/12).  Sebanyak 2 LCR dari Batalyon Komando 469 Paskhas dikerahkan guna melaksanakan misi kemanusiaan dalam membantu evakuasi masyarakat terdampak banjir akibat meluapnya sungai Deli di Kota Medan. Jumat (5/12).

Banjir disebabkan oleh meluapnya Sungai Deli yang diakibatkan dari turunnya hujan di Kota Medan yang terjadi secara terus menerus beberapa hari terakhir.

Berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh dari masyarakat, banjir mulai masuk ke permukiman warga pada hari Jumat tengah malam.

Sampai dengan saat ini, banjir yang sebagian besar setinggi atap rumah masyarakat. Tim SAR dari Paskhas Medan terlihat masih melakukan evakuasi para warga yang masih terjebak dirumah masing-masing.

Wadan Wing III Paskhas Letkol Pas Abdul Fajar, M. Han pada saat meninjau langsung proses evakuasi mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan evakuasi ini Paskhas Medan melibatkan sebanyak 1 SSK gabungan antara Mawing III Paskhas dan Batalyon Komando 469 Paskhas beserta peralatan LCR yang ada.


Wadan Wing menambahkan, untuk saat ini personel juga sudah melakukan penyaluran logistik dan mengamankan rumah yang ditinggalkan oleh penghuninya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

"Kami siap bekerjasama dengan masyarakat maupun Pemerintah Daerah setempat yang bersimpati dengan kegiatan ini yang ingin menyalurkan bantuan atas terjadinya musibah ini",ucap Wadan Wing III Paskhas.