Medan (17/10).  Bertempat di ruang rapat Mawing III Paskhas, jajaran Paskhas Medan yang terdiri dari Mawing III Paskhas dan Batalyon Komando 469 Paskhas mengikuti upacara Hari Ulang Tahun Ke-73 Korpaskhas yang digelar secara virtual dari Gedung Auditorium Leo Wattimena,Mabesau, Jakarta Timur, Sabtu (17/10/2020).

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, upacara secara virtual yang dilaksanakan di Medan dipimpin langsung oleh Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E., dan diikuti oleh seluruh Perwira gabungan Mawing III Paskhas dan Batalyon Komando 469 Paskhas.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P memimpin jalannya upacara HUT ke-73 Korpaskhas dari Gedung Auditorium Leo Wattimena,Mabesau, Jakarta Timur. Peringatan HUT ke-73 Korpaskhas kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, hal tersebut disebabkan karena masih mewabahnya Pandemi Covid-19.

Peringatan hari ulang tahun Korpaskhas yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober setiap tahunnya merupakan semangat juan dan profesionalisme seluruh prajurit Paskhas dalam memantapkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dalam kata sambutannya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara mengatakan bahwa tepat di hari ini, 73 tahun lau kita memperingati hari jadi Korpaskhas. Tantangan dan dharma bhakti Korpaskhas telah terpatri menjadi bagian dari torehan emas sejarah bangsa Indonesia sejak dahulu hingga sekarang.

Dihari jadi yang ke-73 ini, kita patut bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada pendahulu, para pelopor dan sesepuh Korpaskhas yang telah memberikan contoh dan teladan serta dedikasinya kepada bangsa dan negara.

“Para prajurit Korpaskhas harus dapat meneladani kegigihan dan perjuangan mereka dengan membangun serta meningkatkan kemampuan Korpaskhas untuk lebih baik lagi,”tegas Kasau.

Sebagai pemimpin TNI AU, saya berkeinginan untuk membesarkan organisasi dan meningkatkan kemampuan Korpaskhas pada tingkat yang semakin tinggi. Korps baret jingga ini harus terus bisa berkontribusi bagi bangsa dan memiliki kemampuan sebagaimana pasukan khusus lainnya di dunia. Pada momentum peringatan HUT Korpaskhas ke-73 kali ini, saya menekankan kepada semua insan prajurit Korpaskhas dimanapun berada, tanamkan minesite didalam hati dan pikiran serta teruslah berinovasi agar Korpaskhas senantiasa tumbuh semakin hebat, semakin tangguh dan semakin disegani,”ucap Kasau.

Usai melaksanakan upacara secara virtual di Medan, peringatan HUT ke-73 Korpaskhas dilanjutkan dengan acara syukuran dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Danwing III Paskhas dan diserahkan kepada satu-satunya PNS wanita di Mawing III Paskhas.

Turut hadir dalam acara syukuran diantaranya Pangkosekhanudnas III Medan Marsma TNI Esron S.B Sinaga dan para Asisten, Danlanud Soewondo diwakili Kadis Ops Letkol Pom Adi Wijaya serta para tamu undangan lainnya.