Medan - Wing III Paskhas. Pada tanggal 17 Oktober 1947, sebanyak 13 personel diterjukan di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah atas permintaan dari Gubernur Kalimantan pada saat itu Pangeran Muhammad Noor kepada AURI agar mengirim pasukan terjun payung ke Kalimantan dan menyusun gerilyawan untuk membantu perjuangan rakyat Kalimantan.

Peristiwa ini merupakan operasi lintas udara yang pertama dilaksanakan oleh TNI, sehingga peristiwa ini menjadi awal terlahirnya satuan tempur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara.

Meski diperingati secara virtual, pelaksanaan acara puncak HUT ke-74 Korpaskhas berupa upacara pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Udara tahun ini yang diikuti oleh Satuan Paskhas wilayah Medan yang terdiri dari Markas Komando Wing III Paskhas dan Batalyon Komando 469 Paskhas dapat berjalan dengan tertib dan khidmat yang dilaksanakan di lapangan apel Batalyon Komando 469 Paskhas, Senin (18/10/2021).

Dipimpin langsung oleh Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E., seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian upacara dan pembacaan amanat Kepala Staf TNI Angkata Udara dengan lancar.

Dalam amanatnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. menyampaikan, peringatan HUT Ke-74 Korpaskhas yang dilaksanakan secara sederhana ini akan senantiasa menjadi momentum untuk menyegarkan kembali ingatan kita, akan semangat perjuangan para pendahulu Pasukan Baret Jingga, serta menjadikannya sebagai pendorong ditengah pengabdian Korps Pasukan Khas yang semakin modern, ditengah pengabdian Korpaskhas yang ke-74 ini Korpaskhas telah banyak menorehkan prestasinya baik didalam maupun diluar negeri.

"Saya mewakili Keluarga Besar TNI AU menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasih, kepada para pendahulu, para pelopor, para senior, dalam dedikasinya yang penuh ketulusan kepada Bangsa dan Negara" ucap KASAU.

KASAU menambahkan, bahwa salah satu prioritas saya adalah meningkatkan profesionalisme serta kesejahteraan para prajurit Korpaskhas untuk memajukan satuan kebanggaan TNI Angkatan Udara ini agar berada pada posisi yang setara dengan pasukan elite lainnya di dunia.

Usai melaksanakan upacara secara virtual di Medan, peringatan HUT ke-74 Korpaskhas dilanjutkan dengan acara syukuran dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue oleh Danwing III Paskhas dan diserahkan kepada perwakilan salah satu prajurit.