Selama setahun terakhir Mayor Psk Yoseph M. Purba mendapat kesempatan mengikuti Program Pendidikan  Master Of Aviation Management yang dilaksanakan di Griffith University Australia yang bertempat di Brisbane, Queensland, Australia, adapun gelar yang diperoleh dari pendidikan tersebut Master of Aviation Management (MAvnMgt).

Program pendidikan S2 ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Kemhan RI, yang diperuntukan bagi para perwira tiga angkatan Darat, Laut dan Udara dengan istilah program Defence Scholarship Cooperation Program (DCSP), yang sebelumnya dilaksanakan seleksi terlebih dahulu. Program ini merupakan kerjasama antara kementerian Pertahanan Indonesia dan Australia.

Jumlah peserta didik sekitar 60 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai negara, diantaranya Australia, Rusia, Tiongkok, Pakistan, Thailand, Malaysia, Swiss, Kanada, India, Iraq, Nepal, dan Bangladesh. Sedangkan untuk siswa militer 4 personel, Pakistan, Thailand, Malaysia dan Indonesia diwakili oleh Mayor Psk Yoseph M. Purba.

Mayor Psk Yoseph M. Purba telah berhasil meraih serta mendapatkan penghargaan Griffith Award for Academic Excellence 2014, yang diserahkan langsung oleh Professor Ian O'Connor yang menjabat sebagai Vice Chancellor dan President di Griffith University.

Penghargaan diberikan kepada siswa yang berhasil menunjukkan prestasi akademik yang tinggi secara konsisten selama minimal dua semester berturut-turut atau 40 Credit Points dengan IPK minimal 6.0 dari total IPK 7.0. Sedangkan Mayor Psk Yoseph M. Purba berhasil mendapatkan penghargaan ini dengan IPK 6.5 (Graduate With Distinction/ lulus dengan nilai memuaskan). Selain itu ada beberapa siswa lain yang mendapatkan penghargaan serupa diantaranya Wing Commander Imran Ashgar Chaudry dari Pakistan dengan IPK 6.4, dan Flight Lieutenant Chano Tassaro dari Thailand dengan IPK 6.2.

Dalam menyelesaikan program ini, Mayor Psk Yoseph M.Purba menulis research paper dengan judul "An Analysis of The Effectiveness of Aviation Security in The United States Post 9/11 and Measures Recommended".

Mayor Psk Yoseph M. Purba merupakan alumnus AAU tahun 2002 dan lulusan Komando Angkatan ke 22, mulai pada pangkat Letnan Dua (Letda) berdinas di Satuan Bravo Paskhas sampai berpangkat Kapten. Seusai melaksanakan pendidikan program S2 di Griffith University, Australia, Brisbane, Queensland, Australia saat ini menjabat sebagai Kamindik Satdiksus, Pusdiklat Paskhas.