Bandung. Sudah menjadi tugas setiap perwira dan bagi setiap pejabat atau pemimpin, untuk membuat satuan yang dipimpinnya menjadi lebih maju dan lebih berprestasi dari waktu-waktu sebelumnya. Tugas dan kewajiban ini akan mempertaruhkan eksistensi seorang perwira, pejabat atau pemimpin. Oleh sebab itu bagi perwira, tugas adalah kepercayaan, kehormatan, kebanggaan dan harga diri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI I. B. Putu Dunia dalam sambutannya pada upacara serah terima jabatan Komandan Korpaskhas, yang berlangsung di lapangan Merah, Mako Korpaskhas, Margahayu, Lanud Sulaiman, Bandung. Sabtu (29/11).

Lebih lanjut Kasau menegaskan, untuk membuat organisasi lebih dinamis, lebih baik dan dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, diperlukan pola pembinaan sumber daya manusia secara cermat, tepat, berjenjang dan komprehensif. Maka serah terima jabatan ini, merupakan salah satu bagian dari upaya pembinaan satuan dan personel, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas satuan dalam pelaksanaan tugasnya sehingga di waktu yang akan datang organisasi tersebut akan lebih baik, efektif dan efisien.

Melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, akan memberikan pengalaman berharga dalam rangka menyongsong tugas-tugas kedepan semakin berat dan kompleks, untuk dapat mengemban tugas-tugasnya secara paripurna, baik dalam konteks operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang, prajurit-prajurit Korpaskhas dituntut memiliki kualifikasi mahir dan handal.

Menurut Kasau, mahir merupakan tingkat keterampilan tertinggi yang harus dimiliki setiap prajurit pada bidang taktis dan teknis yang berkaitan dengan profesionalitas keprajuritan Paskhas, sedangkan handal merupakan tingkat kepercayaan diri paling tinggi yang harus dimiliki, sehingga memungkinkan prajurit-prajurit Paskhas mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dalam satuan kecil.

Untuk itu, tugas-tugas operasi yang diemban bersifat khusus dan dilaksanakan dalam hubungan satuan kecil, maka kemahiran dan kehandalan harus diwujudkan dan senantiasa dipelihara, baik secara perorangan maupun satuan.   Dalam mewujudkan kualifikasi mahir dan handal itu, bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pimpinan atau komandan satuan, tetapi justru lebih kepada pribadi setiap prajurit. Oleh karena itu, kemauan untuk belajar dan berlatih hendaknya menjadi budaya dalam kehidupan kalian sebagai prajurit Sapta Marga. Tambah Kasau.

Prajurit Paskhas dalam melaksanakan tugas banyak bersentuhan dengan alat utama sistem senjata berteknologi tinggi, maka kemauan untuk terus belajar dan berlatih guna menguasai teknologi yang berkembang pesat adalah tuntutan yang tidak kalah pentingnya, dengan demikian, untuk dapat memiliki kemampuan mahir dan handal seperti yang diharapakan, maka hal tersebut hanya dapat dicapai melalui kerja keras, tekun, ulet dan disiplin yang tinggi. Tegas Kasau.

Dengan kehadiran komandan dan pemimpin yang baru. Para prajurit Paskhas agar dapat melakukan terus upaya-upaya inovatif dan kreatif untuk pembaharuan-pembaharuan yang dapat mengantarkan Korpaskhas ini untuk menjadi lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berprestasi. Jangan pernah menyerah dengan berbagai keterbatasan yang dihadapi, tetapi senantiasa hadir dengan militansi yang tinggi. Pesan Kasau.

Berkenaan dengan serah terima jabatan ini, selaku Kepala Staf Angkatan Udara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Marsekal Muda TNI M. Harpin Ondeh S.H., atas dedikasi dan pengabdian serta kerja kerasnya selama memangku jabatan sebagai Komandan Korps Pasukan khas dan kepada Ibu Harpin Ondeh, yang telah mendampingi dan mendukung tugas suami dengan penuh pengertian, sehingga suami dapat melaksanakan tugas dengan baik. Demikian pula atas sumbangan baktinya yang telah ikut membina dan menjalankan roda organisasi PIA Ardhya Garini di jajaran Korpaskhas. Tutur Kasau.

Selanjutnya, kepada Marsekal Muda TNI Manimbual Manurung beserta isteri, saya sampaikan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI untuk memimpin Korpaskhas ini. Satu hal yang harus diingat dan disadari bahwa pangkat dan jabatan yang Marsekal peroleh disamping karena prestasi yang ditunjukkan selama dalam berkarier juga adalah amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Serah terima jabatan Komandan Korpaskhas berlangsung di lapangan Merah Mako Korpaskhas, Margahayu, Lanud Sulaiman, Bandung. Hadir pada kesempatan tersebut, pejabat tinggi Mabesau,  Pangdam III Siliwangi, Danpusenif, Danseskoau, Dankodiklat TNI AD, Pangkoopsau I, Pangkoopsau II, pangkohanudnas dan pejabat tinggi TNI Polri.