BANDUNG, MAKO KORPASKHAS – Di hari kedua pelaksaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 masih banyak masyarakat  yang berada di seputaran desa Harumansari yang merupakan salah satu desa binaan Korpaskhas TNI Angkatan Udara, mendatangi tempat pelaksanaan vaksin di Balai Desa Harumansari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut Jawa Barat. Kamis, (25/11/2021).

"Pada kegiatan Vaksinasi  hari kedua ini, masih banyak masyarakat yang datang untuk divaksin, meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang kemarin. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang sudah divaksin kemarin, pada hari pertama. Masyarakat disini sudah sadar akan pentingnya Vaksinasi Covid-19. Jadi mereka yang belum vaksin berusaha keras dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang baik ini untuk datang dan ikut vaksin secara gratis, yang diselenggarakan oleh Mako Korpaskhas. Semoga hari ini seluruh warga masyarakat desa Harumansari khususnya, sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dengan vaksinasi ini, kami berharap masyarakat Harumansari bertambah imun tubuhnya, sehingga tetap sehat dan dapat terhindar dari virus Covid-19. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat seputaran Harumansari Kecamatan Kadungora, atas kesadaran yang tinggi turut serta mensukseskan program pemerintah dalam penanganan Pandemi Covid-19", jelas Letkol Pas M.R Sitompul Pabandya Komsos Spotdirga Korpaskhas, mewakili Dankor Paskhas Marsda TNI Eris Widodo Yuliastono, S.E., M.Tr.(Han).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan oleh tim Vaksinator Satuan Kesehatan (Satkes) Detasemen Markas (Denma) Mako Korpaskhasau yang dipimpin oleh Kepala Kesehatan (Kakes) Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito, Sp.Rad. Adapun vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac.

Vaksinasi hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan vaksin di Balai Desa Harumansari. Dari hari pertama digelar,  masyarakat yang datang untuk vaksin terdiri dari masyarakat umum, pelajar sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA yang ada di seputaran Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sementara itu Letkol Kes Dede Ian Kaswian, S.K.M, mewakili Kakes Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito mengatakan, "Pelaksanaan serbuan Vaksin Covid-19 ini adalah lanjutan dari pelaksanaan vaksin kemarin. Dari dua hari pelaksanaan yang dimulai hari  Rabu tanggal 24 November dan Kamis 25 November 2021 ini, kami mentargetkan vaksinasi 700 orang terpenuhi. Pada kesempatan yang baik ini,  kami juga mengingatkan kembali, bagi  masyarakat yang sudah divaksin jangan lengah, harus tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Jangan beranggapan kalau sudah divaksin sudah kebal dari virus Covid-19, namun harus tetap waspada dengan tetap melaksanakan Prokes yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, agar tubuh tetap sehat dan dapat terhindar dari virus Covid-19", pungkasnya.

Pejabat Mako Korpaskhas dan satuan samping  yang hadir pada kegiatan tersebut, antara lain, Pabandya Komsos Spotdirga Korpaskhas Letnan Kolonel Pas M.R Sitompul, Pabandya Siaplat Spotdirga Korpaskhas Letkol Pas Anang Baskoro, S.Pd. , Perwakilan dari Koramil dan Polsek  Kadungora serta para perangkat Desa Harumansari.

Kegiatan vaksin  hari kedua dua  ini dimulai  pukul 07.00 WIB, sampai dengan selesai. 

Sebelum  divaksin para peserta harus melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan, mulai dari pendaftaran, pengecekan kesehatan, suhu tubuh dan observasi. Selain itu harus tetap mematuhi protokol kesehatan, antara lain memakai masker, jaga jarak,  dan mencuci tangan. Kegiatan vaksin hari ini berlangsung tertib, lancar dan aman. penmakorpaskhas