Selain Tes Kesamaptaan Jasmani, dalam rangka memelihara ketangkasan dan kemampuan manuver Prajurit Paskhas selaku Prajurit Komando, Kompi D BS (Berdiri Sendiri) Paskhas melaksanakan Limed (Lintas Medan) 5000 M pada hari Selasa di sekitar Lanud El Tari, Kupang (13/11).
Lintas Medan 5000 M yang dilaksanakan oleh seluruh prajurit Kompi D BS Paskhas itu dipimpin langsung oleh Wakil Sementara Komandan Kompi D BS Paskhas, Lettu Psk Hengky Hermawan dan dimaksudkan uintuk pembinaan mental dan fisik Prajurit Paskhas menjadi yang Terdepan, Terlatih dan Terbaik sebagai Prajurit Para Komando.
Pembinaan fisik Samapta A dan B bagi prajurit dan PNS wajib untuk  dilaksanakan, Markas Komando Korpaskhas melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Semester II dilaksanakan di seputaran jalan Makosek Hanudnas III. Kegiatan Samapta tersebut dimulai pukul 07.30 WIB, setelah melaksanakan apel pagi dan diikuti oleh Panglima Kosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna, SE, beserta para Asisten dan anggota lainnya yang tidak sedang melaksanakan tugas Operasi. Selasa, (13/11).
“Kesamaptaan yang baik merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AU. Dengan memiliki kesamaptaan yang baik diharapkan nantinya dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban”, tegas Panglima sebelum melaksanakan tes samapta.
Secara berkala dua kali dalam setahun, setiap anggota Kosek Hanudnas III termasuk PNS wajib melaksanakan tes samapta. Bagi anggota militer dilaksanakan tes samapta A dan B sedangkan bagi PNS dilaksanakan tes samapta A. Tes ini bertujuan untuk mengetahui serta mengukur sejauh mana kondisi serta kebugaran fisik anggota Kosek Hanudnas III. Hasil dari tes samapta ini nantinya akan disampaikan ke komando atas sebagai bahan laporan serta evaluasi mengenai kebugaran dan kesiapan fisik dan kesehatan anggota Kosek Hanudnas III dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada mereka.