Bertempat di lapangan sepakbola Brajamusti Yonko 465 Paskhas, Lanud Supadio berlangsung pertandingan Final Sepak Bola Brajamusti Cup III Yonko 465 Paskhas Tahun 2013, acara pertandingan sepakbola ini adalah merupakan rangkaian kegiatan  dalam rangka HUT Korpaskhas ke-66 Tahun 2013.  Sabtu (18/1).

Dalam pertandingan tersebut mempertemukan tim dari Kesebelasan Persatuan Sepakbola Angkatan Darat (PSAD) Kodam XII Tanjungpura Pontianak melawan Kesebelasan Persatuan Sepakbola Tunas Muda Indonesia (PSTMI) yang mana kedua kesebelasan tersebut merupakan musuh bebuyutan yang selalu bertemu di setiap turnamen sepakbola di Kalbar.

Pertandingan final ini dipimpin oleh Wasit utama Bapak Samsuri, Asisten Wasit 1 Bapak Irman Syafi’i dan Asisten Wasit 2 Bapak Hamdani. Dalam turnamen  ini kedua Kesebelasan berhasil menyisihkan 113 tim kesebelasan se-Kalbar yang turut serta dalam pertandingan sepakbola Brajamusti Cup III 2013.

Markas Yonko 465 paskhas penuh sesak dengan para penonton yang antusias menyaksikan jalannya pertandingan final sepakbola Brajamusti Cup III. Pertandingan  dimulai pukul 14.00 WIB, sejak awal jalannya pertandingan sudah berlangsung seru. Jual beli serangan antar kedua kesebelasan terus terjadi hingga babak pertama berakhir. Memasuki babak kedua pertandingan berlangsung dengan tempo cepat tetapi hingga akhir babak kedua selesai kedudukan masih seimbang dengan skor 0-0.

Akhirnya pertandingan dilanjutkan dengan drama adu pinalti dimana PSAD harus mengakui keunggulan PSTMI dengan skor 3-2. Pertandingan final sepakbola Brajamusti Cup III ini dihadiri oleh para pejabat TNI/Polri, pemerintahan daerah, Kacab Bandara Supadio, KONI dan tokoh masyarakat kalbar.

Dalam kesempatan ini Aspers Kodam XII/Tpr Kolonel Inf. Asep Syarifudin menyerahkan tropi juara I yang diraih oleh Kesebelasan PSTMI Kubu Raya, tropi juara II diraih oleh kesebelasan PSAD Kodam XII/Tpr diserahkan oleh Sekum KONI Kalbar  H. Erwin Anwar, tropi juara III yang diraih oleh kesebelasan M83 Selection diserahkan oleh Kajari Pontianak Bapak Bangkit Haryanto, S.H., M.H. Untuk tropi juara IV yang diraih oleh PSPM  dari Kecamatan Punggur diserahkan oleh Danpomdam XII/Tpr Kolonel CPM Fauzi dan Kacab Bandara Supadio Bapak Candra Dista Wiradi menyerahkan Tropi Top Skor Turnamen Brajamusti Cup III yang diraih oleh Suryadi Putra yang merupakan Kapten kesebelasan PSTMI dengan 15 gol. Sedangkan untuk piala bergilir Brajamusti diserahkan oleh Komandan Batalyon Komando 465 Paskhas Letkol Psk Soleh S.Pd., M.M. Selain mendapatkan tropi masing-masing juara dan top skor juga mendapatkan uang pembinaan.

 

Usai pertandingan Danyonko 465 Paskhas Letkol Psk Soleh S.Pd., M.M. menyatakan sangat berterimakasih terhadap para tokoh masyarakat yang telah mendukung kejuaraan turnamen dan para peserta yang telah bermain dengan fair play dari awal diadakannya turnamen hingga babak final sehingga berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. Turnamen ini merupakan bentuk partisipasi dan rasa tanggungjawab TNI terhadap generasi muda di bidang olahraga sekaligus untuk membangun kebersamaan dalam upaya pembinaan teritorial Yonko 465 Paskhas di Pontianak.