Malang (29/11). Asisten Operasi KASAU Marsekal muda TNI Johanes Berchmans SW menutup kegiatan Latihan MOT ( Mission Oriented Training)  dan GFAC ( Ground Forward Air Control ) TNI AU Tahun 2018 dalam upacara penutupan yang bertempat di hanggar Skadron Udara 15 Lanud Iswahyudi Madiun.

Dalam sambutannya Asops Kasau menyampaikan keselamatan terbang dan kerja adalah prioritas utama dalam latihan serta harapannya latihan ini dapat memberikan bekal dan pengalaman pemahaman kemampuan dalam bekerja sama, bersinergi antara penerbang yang mengoperaikan alutsista dengan Platform yang berbeda secara terpadu dengan GCI satuan radar maupun GFAC Paskhas.

Kegiatan Latihan yang di ikuti oleh pesawat Hawk dari Skadron udara 1 Lanud Supadio,  pesawat Sukhoi dari Skadron udara 11 Lanud Hasanudin, pesawat T 50-i dari Skadron udara 15, anggota Kohanudnas dan personel GFAC Paskhas gabungan dari Denmatra 1, Denmatra 2 dan SatBravo 90 Paskhas ini berlangsung selama 10 hari dari tanggal 19 Sampai 29 November 2018 ini menggunakan area latihan di daerah madiun, ponorogo dan pacitan.

Letkol Pas Helmi Ardiyanto Nange S.E, M.M Komandan Satdik Matra Pusdiklat Paskhas sebagai Komandan Latihan yang ke 2 kali ini yang sebelumnya pada tahun 2017 juga sebagai Komandan Latihan menyampaikan Latihan ini sangat penting bagi personel paskhas terutama bagi Tim Dalpur yang juga memiliki kemampuan GFAC untuk tugas tugas ke depan karena misi operasi udara merupakan misi dengan kompleksitas tinggi.