MEDAN - Wing III Paskhas.   TNI Angkatan Udara dan United States Air Force Special Operations Command Pacific (US SOCPAC) akan menggelar latihan bersama di Medan, Sumatera Utara dalam waktu beberapa waktu kedepan.
Hal tersebut ditandai dengan telah dilaksanakannya upacara pembukaan yang dipimpin oleh Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E yang berlangsung di Aula G Siahaan Markas Batalyon Komando 469 Paskhas yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara. Selasa, (01/06/2021).
Latihan ini merupakan bagian dari kerja sama militer Indonesia dan Amerika Serikat   yang bersandikan Joint Combined Exercise Training (JCET) Spear Iron.   Kali ini Indonesia diwakili oleh Batalyon Komando 462 Paskhas Pekanbaru, namun pelaksanaan latihan dilaksanakan di wilayah Medan.
Diawal amanatnya, Danwing III Paskhas mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada rombongan prajurit US Sospac yang akan berada di Medan selama 39 hari bersama-sama prajurit TNI AU menggelar latihan bersama. Kegiatan Latma Taek Spear Iron tahun 2021 ini mempunyai nilai strategis bagi TNI AU dan US Sospac, sebagai wahana menjalin kerjasama dalam pelaksanaan operasi udara antar kedua negara.
Danwing berharap bahwa melalui Latma ini diharapkan adanya peningkatan kemampuan dan dapat saling berbagi pengalaman bagi seluruh personel yang terlibat dalam latihan, serta lebih meningkatkan, memantapkan hubungan persahabatan dan kerjasama yang selama ini telah terjalin sehingga akan lebih memperkokoh rasa saling percaya antara TNI AU dengan US Sopspac khususnya dan kedua angkatan bersenjata dan negara pada umumnya.

Danwing menambahkan, "saat ini diseluruh negara sedang dilanda Pandemi Covid-19, untuk itu saya mengingatkan kepada seluruh peserta latihan agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna menekan laju penyebaran Covid-19 dilingkungan sekitar kita dengan tidak mengurangi nilai-nilai taktis dalam latihan yang akan dilaksanakan", pungkas Danwing. penkorpaskhas