Medan (30/11). Bertempat di ruang rapat Markas Komando Wing III Paskhas, Danwing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E. beserta Kasi Ops Wing III Paskhas Mayor Pas Didik Adi Susanto mengikuti kegiatan Bina Matra Satuan Korpaskhas TA. 2020 yang dibuka secara resmi oleh Komandan Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y, S.E., M. Tr (Han). Rabu (2/12).


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Bina Matra Satuan Korpaskhas yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut, kali ini dilaksanakan secara virtual yang disiarkan langsung dari Ruang Rapat Nanggala Yudha Mako Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya penularan Covid-19, mengingat bahwa sampai dengan saat ini situasi Pandemi Covid-19 masih mewabah di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, terlihat Wadan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan turut serta mendampingi Komandan Korpaskhas dalam membuka kegiatan Bina Matra Satuan Korpaskhas TA. 2020 yang diikuti oleh seluruh Komandan Satuan jajaran Korpaskhas di seluruh Indonesia secara virtual.


Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dankorpaskhas, mengatakan bahwa kegiatan Bina Matra merupakan bentuk pembinaan tradisi kejuangan yang dilakukan oleh Korpaskhas dimana Korpaskhas merupakan salah satu komponen pertahanan yang dimiliki oleh TNI. Saat ini, berbagai upaya telah ditempuh dengan menata dan mengembangkan organisasi, sehingga diperlukan kesamaan persepsi untuk mewujudkan suatu postur organisasi dan kemampuan dalam rangka kesiapan tugas yang akan diemban. Untuk mewujudkan tugas Korpaskhas yang meliputi empat kemampuan pokok yaitu satuan tempur darat, matra udara, pertahanan udara dan khusus diperlukan sinergitas seluruh bidang. 


Dankorpaskhas menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, seluruh Perwira diharapkan dapat memanfaatkan untuk menjalin komunikasi yang lebih baik sehingga tercipta hubungan emosional, soliditas dan jiwa korsa diantara para Perwira. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengingatkan kembali jatidiri sebagai Prajurit Korps Baret Jingga, yaitu sebagai prajurit tempur darat Angkatan Udara yang memiliki ciri khas kematraan udara.