MEDAN, WING III PASKHAS - Dalam rangka memantau kesiapan personelnya, Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E., menghadiri kegiatan latihan Pertahanan Udara Cakra C-21 TA.2021 yang diselenggarakan oleh Kosekhanudnas III Medan. Jumat (26/02/2021).


Dalam latihan tersebut, jajaran Wing III Paskhas wilayah Medan yaitu Batalyon Komando 469 Paskhas terlibat sebagai Tim pengamanan Force Down yaitu Tim penindakan mobile darat dan pengamanan pertahanan pangkalan dalam kegiatan Latihan Pertahanan Udara Cakra C-1 yang dilaksanakan di Aprron Charlie Lanud Soewondo Medan.


Latihan Cakra C-21 tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan personel Ground Control Interception (GCI) Radar di jajaran Kosekhanudnas III dalam rangka mengendalikan dan penyergapan terhadap pesawat musuh oleh pesawat tempur Indonesia.


Dalam latihan tersebut, diasumsikan bahwa telah terjadi pelanggaran wilayah udara nasional dibawah tanggung jawab Kosekhanudnas III yang dilakukan oleh pesawat musuh (Boeing TNI AU sebagai bulsi). Selanjutnya Pangkosekhanudnas III melaksanakan prosedur penindakan terhadap pesawat yang melanggar tersebut dengan mengerahkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon untuk mengusir ataupun menurunkan pesawat tersebut di Bandara/Lanud yang sudah disiapkan.


Beberapa tahapan dalam skenario mulai dari pelaksanaan prosedur identifikasi oleh radar, sistem pelaporan, identifikasi melalui Flight Clearance Information System (FCIS) sampai dengan pengusiran maupun tindakan Force Down dan tindakan selanjutnya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan skenario latihan.