Pangalengan (20/11). Siswa C-sar berhasil mengamankan survivor yang berada di daerah musuh, pada Demo Penutupan Pendidikan Combat search and rescue Angkatan ke-33 yang bertempat di situ cileunca pangalengan. Sabtu (21/11).


Selepas Demo siswa C-sar, kegiatan dilanjutkan dengan upacara penutupan Pendidikan C-Sar Angkatan ke-33 yang secara resmi ditutup langsung oleh Komandan satdik matra, mayor pas M.Junaidi.


Dalam sambutannya, dansatdik matra membacakan sambutan danpusdiklat paskhas kolonel pas anis nurwahyudi yang menyampaikan ucapan selamat kepada para mantan siswa, karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan C-Sar. Tugas belajar yang telah ditempuh bukanlah tugas yang ringan, mengingat materi yang diterima oleh para mantan siswa baik teori maupun praktek membutuhkan keseriusan dan konsentrasi yang luar biasa.


Dansatdik matra juga menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya pendidikan C-Sar yaitu untuk menjadikan prajurit Paskhas yang militan dan mampu melaksanakan tugas-tugas khusus dengan diberikan pengetahuan dan berbagai keterampilan, taktik, tehnik, sikap prilaku yang dilandasi jiwa sapta marga, serta kesamaptaan jasmani yang baik.


Diakhir sambutannya, Dansatdik matra berpesan jadilah prajurit komando yang bersahaja memiliki perilaku ksatria, militan, loyal, dan prefesional.

Dalam upacara tersebut sebanyak 18 prajurit, yang terdiri dari 2 bintara dan 16 tamtama dinyatakan lulus pendidikan C-Sar yang berlangsung selama 90 hari, dengan jumlah pelajaran 540 jam pelajaran dengan siswa terbaik diraih oleh serda alamsyah junior dari kesatuan detasemen matra 1 paskhas.


Hadir pada kesempatan tersebut kadisops pusdiklat Paskhas letkol pas mores bonte.S.Pd, Pejabat TNI/Polri dan Pejabat Pemerintah Daerah pangalengan dan tokoh masyarakat pangalengan.