Bandung (15/1). Komandan Korps Pasukan Khas Marsekal Muda TNI Eris Widodo Yuliastono, S.E., M.Tr (Han) pimpin Apel Embun prajurit Paskhas yang akan menempati satuan Jajaran Paskhas di laksanakan di Monumen Kusuma Bangsa, Mako Korpaskhas, Margahayu, Bandung (15/1).

Apel Pemberangkatan Tugas Anggota baru atau apel embun ini merupakan apel luar biasa yang menjadi tradisi “Korps Baret Jingga” yang merupakan sarana dalam rangka pembinaan tradisi kejuangan untuk memupuk jati diri prajurit Korpaskhas yang berlandaskan sapta marga, sumpah prajurit , delapan wajib TNI, dan 12 ciri-ciri prajurit komando serta menjadi prajurit yang memiliki kebangaan dan kehormatan sebagai prajurit Korps Baret Jingga.

Dankorpaskhas menyampaikan bahwa cita-cita dan pilihan menjadi prajurit Paskhas sudah tepat sebagai ladang pengabdian kepada bangsa dan Negara dimana para prajurit nanti menjadi ujung tombak dari pelaksanaan tugas Korpaskhas yang berada di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat baik pada saat operasi militer perang (OPM) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Tantangan yang akan dihadapi para prajurit diantaranya kedepan era perang modern yaitu perang CBRN (cyber, biological, radiology dan nuclear) seperti situasi saat ini dalam menghadapi pandemi covid-19, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari salah satu yang sedang trent saat ini adalah fenomena media sosial. Penyebaran paham-paham ideology yang bertentangan dengan pancasila yaitu maraknya paham radikalisme yang dibungkus dengan agama,untuk itu prajurit paskhas harus bijak dan mampu menelaah mana ajaran yang sesuai ajaran yang sesuai dengan agama dan mana ajaran tidak sesuai dengan agama atau anatisme agama. Penguasaan ilmu teknologi karena perang modern ke depan penuh dengan muatan dan syarat akan pengunaan tehnologi baik sebagai prajurit matra udara,pertempuran darat, maupun operasi khusus.dan mempertajam kemampuan satuan-satuan yang berada di Korpaskhas.

Saya melihat bahwa bekal yang kalian memiliki melalui pendididkan saat dikmata sejursarta/sejurba paskhas ,para dasar bakhirpan serta komando sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki prajurit paskhas.membekali dengan pendidi.kan spesialisasi dan kualifikasi khusus lainya yang semakin menunjang serta meningkatan kmampuan kalian dalam mengahadapi setiap penugasan. Tegas Dankor.

Hadir pada kegiatan tersebut Wadan Korpaskhas Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si. Para pejabat Korpaskhas, Bintara dan tamtama Korpaskhas.