Sebagaimana kita ketahui kegiatan wasrik bertujuan bukan untuk mencari kesalahan, melainkan sebagai barometer dari kemajuan kerja yang telah dicapai serta sebagai alat kontrol sejauh mana pencapaian sasaran sesuai yang telah ditetapkan pimpinan.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Amarullah, dalam sambutanya pada acara pembukaan pelaksanaan Wasrik Itjen TNI, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Mako Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung. Selasa (20/11).

Menurut Dankorpaskhas, kegiatan pengawasan dan pemeriksaan salah satu tugas Itjen sebagai pembantu Panglima TNI dalam menjamin terlaksananya seluruh kebijakan yang ditetapkan. pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu fungsi manajemen guna mengontrol dan melihat sejauhmana pelaksanaan program-program yang dilaksanakan Korpaskhas.

Pelaksaan wasrik dilingkungan TNI bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang akan dihadapi serta penyimpangan yang mungkin timbul terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku, untuk selanjutnya akan memberikan masukan serta saran-saran guna penyempurnaan sesuai batas-batas kewenangan yang telah ada. Tambah Dankorpaskhas.

Marsma Amarullah menekankan, berbagai penyimpangan dan tindakan yang tidak sesuai prosedur yang ditemukan Tim Wasrik, merupakan masukan yang harus segera ditindaklanjuti. dengan adanya menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran berharga untuk berbuat lebih baik lagi dalam menjalankan tugas diemban sesuai bidang tugas masing-masing.

Dankorpaskhas mengharapkan, pengawasan dan pemeriksaan bagi suatu institusi merupakan filter sehingga dapat meluruskan tindakan yang tidak sesuai prosedur serta mencegah terjadinya penyimpangan. Sehingga kedepan hal ini akan terus ditingkatkan mengingat tuntutan reformasi yang menginginkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Clean Government) akan dapat tercapai.

Melalui kegiatan wasrik ini kinerja korpaskhas dan profesionalisme personel dapat lebih ditingkatkan serta menambah motivasi dalam melaksanakan tugas, dengan kata lain Korpaskhas tampil sebagai institusi yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Harapannya.

Kegiatan pengawasalan dan pemeriksaan di Markas Komando Korpaskhas dan Wing III Paskhas ini berlangsung selama satu hari penuh dengan obyek pemeriksaan lengkap hadir pada kesempatan tersebut Wadan korpaskhas, Inpektur dan para Asisten Korpaskhas serta para perwira Korpaskhas yang akan menjadi obyek Wasrik.