Bandung, Serah terima jabatan Kepala Staf Korpaskhas ini selain merupakan bagian dari mekanisme “Tour Of Area” Dan “Tour Of Duty” dalam rangkaian pembinaan personel dan pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal, juga memiliki makna penting dan strategis yang tidak saja diperuntukkan bagi Korpaskhas melainkan juga bagi Angkatan Udara.   Hal ini terkait dengan dinamika proses pembinaan secara utuh yang menyangkut pembinaan organisasi maupun pembinaan personel.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI M. Harpin Ondeh, SH., dalam sambutannya pada upacara serah terima jabatan Kas Korpaskhas dari Marsma TNI MB. Manurung kepada MarsmaTNI T. Seto Purnomo di ruang Lobi Mako Korpaskhas Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung baru-baru ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kedudukan Kepala Staf Korpaskhas memiliki arti yang sangat menentukan dalam pencapaian keberhasilan misi Korpaskhas sesuai dengan tugas yang diemban yaitu mengoordinasikan para asisten/staf Korpaskhas dalam pelaksanaan dan penyiapan dokumen-dokumen serta perencanaan strategis Korpaskhas.

Dalam mengemban tugasnya tersebut, diharapkan mampu mewujudkan kesiapan operasional satuan secara optimal dalam suatu keutuhan sistem persenjataaan udara, yang bertumpu pada keterpaduan sumber daya manusia, alutsista, fasilitas pendukung lainnya serta perangkat lunak yang memadai. Kata Dankorpaskhas.

Lebih lanjut Dankorpaskhas menyampaikan, untuk dapat mewujudkan peran, tugas dan fungsi Koorpaskhas tersebut, kita harus mampu mengenali dinamika perkembangan lingkungan strategis, yang akan mempengaruhi upaya pembinaan dan pengembangan Korpaskhas melalui indikator adanya tantangan tugas yang semakin kompleks.

Menurut Dankorpaskhas, disadari bahwa hakekat ancaman ke depan yang dihadapi akan lebih beragam, sedangkan kemampuan negara masih dalam kondisi terbatas untuk memenuhi segala kebutuhan TNIkhususnya Korpaskhas, baik kebutuhan alat utama sistem senjata, pemeliharaan perangkat keras, peningkatan profesionalisme maupun kebutuhan perbaikan kesejahteraan prajurit dan keluarganya.

Dibawah koordinasi Kepala Staf Korpaskhas Marsekal Pertama TNI MB. Manurung, banyak hal yang dapat diselesaikan maupun diatasi melalui solusi yang komprehensif,  tanpa mengecilkan tantangan yang harus dihadapi. dan apa yang telah dirintis oleh Marsekal Pertama TNI MB. Manurung, hendaknya dapat dilanjutkan dan ditingkatkan. Tambahnya.

Dankorpaskhas menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Marsma TNI MB. Manurung atas dharma bakti dan pengabdian yang telah diberikan kepada Korpaskhas. Marsekal telah banyak membawa kemajuan bagi Korpaskhas maupun TNI Angkatan Udara serta menunjukkan loyalitas yang tinggi, baik selama menjabat sebagai kepala staf maupun selama pengabdian diKorpaskhas. Selanjutnya saya juga mengucapkan selamat bertugas di tempat tugas yang baru yaitu sebagai Pati Sahli Bidang Iptek Mabes AU, dan semoga sukses selalu.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sama juga saya tujukan kepada Ibu MB. Manurung, yang selama ini telah mendampingi suami dengan penuh pengertian, sehingga suami dapat sepenuhnya memusatkan perhatian pada tugasnya. Semoga dalam mengarungi perjalanan hidup selanjutnya, marsekal beserta ibu dan keluarga tetap dalam lindungan tuhan yang maha esa.

Kepada Marsma TNI T. Seto Purnomo, saya ucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh negara sebagai Kepala Staf Korpaskhas yang baru.   Saya percaya bahwa didasarkan atas pengalaman penugasan yang marsekal peroleh selama ini, marsekal akan dapat mengemban tugas dan kepercayaan, sekaligus amanah dengan penuh rasa tanggung jawab.

Saya sampaikan pula ucapan selamat kepada Ibu Seto Purnomo, semoga dapat mencurahkan waktu dan perhatian dalam memajukan organisasi istri prajurit angkatan udara PIA Ardhya Garini Gabungan IV Korpaskhas dalam mencapai tujuan untuk membantu kepentingan Angkatan Udara.

Pejabat lama Marsma TNI MB., merupakan alumnus AAU tahun 1981 sementara pengantinya Marsma TNI T. Seto Purnomo alumnus AAU tahun 1985 yang sebelumnya menjabat sebagai Kabinda Wilayah Kepulauan Riau.

Hadir Pada Kesempatan Tersebut Komandan Lanud Husen Sastranegara, Komandan Satuan Insub Lanud Sulaiman serta para Pejabat dan Komandan Satuan jajaran Korpaskhas.