Bandung (30/11). Sebagai salah satu komponen pertahanan yang dimiliki oleh TNI, Korpaskhas senantiasa berupaya mengembangkan diri mengikuti perkembangan dinamika yang ada, berbagai upaya telah dan sedang ditempuh dengan menata dan mengembangkan organisasi, sehingga diperlukan kesamaan persepsi untuk mewujudkan suatu postur organisasi dan kemampuan dalam rangka kesiapan tugas dimasa kini dan mendatang.

Hal tersebut disampaikan Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr (Han) dalam pembukaan Bina Matra Korpaskhas 2020 di Ruang Rapat Nanggala Yudha, Mako Korpaskhas, Bandung.

Untuk mewujudkan tugas Korpaskhas yang meliputi empat kemampuan pokok yaitu satuan tempur darat, matra udara, pertahanan udara dan khusus diperlukan sinergitas seluruh bidang, mendasari hal itu semua, maka diperlukan suatu langkah yang sama dalam mewujudkan kemampuan yang menjadi tanggungjawab kita bersama dalam rangka mensukseskan tugas di masa mendatang”, ujar Dankorpaskhas.

Latihan bina matra merupakan wahana bagi Korpaskhas untuk menyegarkan kembali jatidiri sebagai Prajurit Korps Baret Jingga, yaitu sebagai prajurit tempur darat Angkatan Udara yang memiliki ciri khas kematraan udara, sehingga mampu memahami filosofi, kemampuan dan tugas yang menjadi tanggungjawab dalam rangka mensukseskan tugas-tugas TNI.

Kegiatan dilaksanakan secara daring diikuti seluruh Komandan Satuan, Pasiops dan Bintara Operasi seluruh jajaran Paskhas yang rencananya berlangsung selama lima hari.

Hadir pula dalam pembukaan latihan ini Wadan Korpaskhas Marsma TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si (Han) dan Para Pejabat Korpaskhas.