Bandung (25/11). Anggota Pusdiklat Paskhas dan PIA Ardhya Garini Cab.5/Gab.IV Pusdiklat Paskhas, mengikuti pelatihan tentang ketahanan pangan budidaya lebah madu bertempat di daerah Cieter, Desa Mekarwangi, Sindang Kerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Senin (25/11).

Kegiatan pelatihan ini merupakan tindaklanjut dari acara sosialisasi pembekalan ketahanan pangan tentang budidaya lebah madu yang dilaksanakan di Gedung Satria Pandawa Pusdiklat Paskhas oleh Bapak Debby Bustomi yang merupakan Ketua Ikatan Lebah Madu Indonesia. Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang, diantaranya : 35 orang dari Anggota Pusdiklat Paskhas yang mendekati Purna Bakti dan 15 orang dari ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cab.5/Gab.IV Pusdiklat Paskhas yang diketuai oleh Wakil ketua Ny. Dadang Hermawan.

Sebelum pelaksanaan praktek dilapangan Bapak Debby Bustomi terlebih dahulu memberikan penjelasan tentang tata cara serta keamanan memasuki wilayah budidaya lebah madu serta memberikan penjelasan tentang beberapa jenis lebah madu. Setelah acara pengarahan dilanjutkan dengan praktek lapangan dilokasi penangkaran lebah madu, mulai dari cara pembuatan sangkar, penempatan sangkar dan memperkenalkan jenis-jenis lebah madu, perawatan serta cara pemanenannya. Khusus kepada Ibu PIA Ardhya Garini Cab.5/Gab.IV Pusdiklat Paskhas diarahkan menuju lokasi jenis lebah madu Trihona yang tanpa sengatan, namun diperkenalkan juga ke lokasi lebah madu yang bersengat.

“Budidaya lebah madu merupankan salahsatu untuk melatih mental atau keberanian bagaimana kita bersikap, bertindak dan kecermatan sesuai dengan apa yang kita lakukan terhadap lebah tersebut, keuntungannya antara lain bisa menambah penghasilan ekonomi. Lebah bisa dikatakan sebagai mas cair, begitu juga bisa menjaga kelestarian alam sekitarnya, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, bagi orang-orang yang purna Bakti khususnya TNI untuk mau berkarya wirausaha yang bisa menghasilkan keuntungan ekonomi yang sangat tinggi dan khusus ibu-ibu bisa berbudidaya lebah madu dekat dengan tanaman hias disekeliling pekarangan rumah”. Ujar Debby Bustomi.

Hadir pada acara pelatihan tersebut Wakil ketua PIA Ardhya Garini Cab.5/Gab.IV Pusdiklat Paskhas Ny. Dadang Hermawan, Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 01-5/Gab.IV Satdik Purrat. Ny. Ronni Cahyo Setiawan dan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 03-5/Gab.IV Satdik Khusus. Ny. Raden Ruli Rusliana beserta ibu-ibu pengurus.