Sebanyak 20 prajurit Tim SAR Tempur Batalyon 465 Paskhas Lanud Supadio Pontianak melaksanakan latihan Rapelling. Latihan Rapelling ini dilaksanakan di Appron Lanud Supadio pada pukul 06.00 WIB, Kamis (21/3) dengan menggunakan Helly Super Puma H 3214 milik TNI AU dengan pilot Kapten Pnb Agung dan Lettu Pnb Cahya dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sanjaya Bogor.

     Komandan Batalyon 465 Paskhas Letkol Psk Soleh, S. Pd., M.M. ikut mengawasi dan mengendalikan jalannya latihan Rapelling ini". Utamakan Safety “ tegas Danyon 465 Paskhas kepada prajuritnya.

     Latihan ini bertujuan guna mengasah kemampuan dan ketrampilan prajurit Tim SAR Tempur Yon 465 Paskhas secara berkelanjutan (kontinyu) sehingga menjadi prajurit yang professional. Kekuatan fisik dan mental sangat diperlukan dalam latihan rapelling ini, di sampaing skill yang harus dimiliki dengan terlebih dahulu melaksanakan latihan rapelling dan fastroping di Tower Batalyon 465 Paskhas.

     Dengan keberadaan Helly Super Puma HA 3214 di Lanud Supadio rencananya akan dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendukung latihan-latihan baik SARPUR (rapelling, fastroping, hoisting dan mobud) juga sebagai sarana profesiency bagi peterjun frre fall anggota Batalyon 465 Paskhas dan FASIDA Kalbar. Di sampng tugas utamanya adalah Stand By SAR untuk operasional penerbangan Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio.