Berita

Posted on July 13, 2017

Dankorpaskhas : Uji Coba Rudal Chiron Ukur Kemampuan Prajurit




Bulukumba (13/7).  Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU menggelar uji coba senjata dengan jenis Rudal Chiron dan meriam sistem penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield, gelar uji coba penembakkan dua senjata tersebut sebagai bentuk untuk mengukur professional prajurit Paskhas sejauh mana Alutsista yang menjadi tanggungjawab Korps Paskhas dapat digunakan dan difungsikan dalam medan yang sebenarnya.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI T. Seto Purnomo, saat memberikan keterangan usai menyaksikan secara langsung pelaksanaan kegiatan uji coba rudal Chiron dan Meriam Oerlikon Skyshield yang berlangsung di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulsel. Kamis (13/7).

Senjata Rudal Chiron tersebut merupakan alutsista terbaru TNI AU buatan Korea Selatan yang menjadi salah satu senjata yang dimiliki Korpaskhas saat ini. Penembakkan yang digelar oleh para prajurit Paskhas yang baru saja kita saksikan bersama merupakan uji coba yang pertama kali dilakukan. Tegas Dankorpaskhas.

Penembakan dan uji coba dilakukan para prajurit beberapa waktu lalu mulai tgl 4 sampai 8 juli 2017 mendapatkan pelatihan langsung dari pabrik pembuatan senjata Rudal Chiron dari korea selatan yaitu Ground School dan penggunaan simulator yang bertempat di Denhanud 472 Makassar. Tutur Dankorpaskhas.

Selain dalam menguji kemampuan prajurit dalam mengawaki alutsista yang ada, juga sebagai wadah untuk menciptakan terjalinnya hubungan baik antara masyarakat dengan para prajurit Paskhas, karena kegiatan prajurit lebih difokuskan pada latihan dan operasi sangatlah sulit para prajurit dapat membaur dengan masyarakat seperti apa yang kita saksikan ditempat ini, Tambahnya.

Dengan disaksikan secara langsung oleh ratusan masyarakat Bulukumba dan sekitarnya, kegiatan uji coba penembakan ini, Korpaskhas khususnya dan TNI Angkatan Udara secara tidak langsung memberikan laporan pertanggungjawaban baik kepada masyarakat luas maupun kepada media bahwa inilah sebagian dari penggunaan anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI Angkatan Udara. Tegas Marsda TNI T. Seto Purnomo. 

Uji coba ini sedianya dimulai pada pukul 09.00 Wita, namun dikarenakan cuaca hujan deras membuat uji coba ini terpaksa ditunda sementara, pada pelaksanaannya para prajurit Paskhas TNI AU pukul 11.00 Wita, 2 target drone telah diterbangkan sebagai sasaran tembak, dan akhirnya dapat dihancurkan oleh dua alutsista Korpaskhas yaitu rudal chiron dan meriam penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield.

Uji coba dipimpin langsung oleh Dankorpaskhas Marsda TNI T. Seto Purnomo didampingi oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali beserta Forumkopimda dan sejumlah lembaga pemerintah daerah Bulukumba serta Pejabat TNI AU dan Korpaskhas.

Tidak ketinggalan ratusan tamu undangan beserta warga masyarakat Bulukumba dan sekitar memadati lokasi untuk menyaksikan langsung pelaksanaan Uji coba senjata dengan jenis Rudal Chiron dan meriam sistem penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield.



Prev : PIA Ardhya Garini Denmatra 2 Paskhas Wujudkan Kecintaan Lingkungan Next : Yonko 464 Paskhas Ikuti Karya Bhakti TNI-Polri