Berita

Posted on November 13, 2017

YONKO 461 PASKHAS MELAKSANAKAN CERAMAH HIV/AIDS DI RUANG YUDHA BATALYON CHAKRA

Jakarta (13/11). Batalyon 461 Paskhas melaksanakan pembinaan dan pengecekkan terhadap 60 orang anggota terpilih mengenai HIV/AIDS Kamis (09/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program serta keseriusan Komandan Batalyon 461 Paskhas Letnan Kolonel Pasukan Dedy Agung Sulistya.,M.Si (Han) untuk membina SDM di satuan. Serta respon atas perintah Komandan Wing I Paskhas Kolonel Pasukan Roy R F M Bait pada upacara gabungan di Lapangan Wing I Paskhas hari selasa 7 November 2017 “ para prajurit wajib mencintai istri dan menjaga keutuhan keluarga”.

Anggota yang melaksanakan penyuluhan terlihat sangat antusias dan senang dengan kegiatan tersebut. Tampak sebagian besar anggota mengajukan berbagai pertanyaan mengenai HIV/AIDS. Salah seorang Anggota Chakra Baskara atas nama Serka Doni yang sehari hari bertanggung jawab sebagai Bintara Kesehatan Chakra Bertanya mengenai cara pencegahan penularan HIV/AIDS yang terbaik. Dr Suryantini Sp.Pd sebagai salah satu penceramah yang sehari hari bertugas di RS Angkatan Udara Dr Esnawan mengatakan pencegahan HIV/AIDS dengan 5 cara Abstinence,Be Faithful, Condom, Dont Drugs, Education atau disingkat menjadi A B C D E. Namun cara terbaik adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Sang Pencipta.

Dalam kegiatan tersebut anggota mendapatkan banyak pengetahuan salah satunya mengenai sifat HIV. HIV adalah suatu Retro Virus, HIV bersifat khas infeksinya bersifat permanen, HIV menyerang sel-sel Imun Tubuh, HIV berkembang di limfosit T (CD4), HIV terbagi 2 tipe : HIV tipe 1 dan HIV tipe 2, acara penyuluhan diakhiri dengan kegiatan pengecekan HIV/AIDS secara gratis dan hasil tes bersifat rahasia.

Komandan Batalyon 461 Paskhas mengharapkan dengan memiliki pemahaman mengenai HIV/AIDS, Anggota Batalyon 461 Paskhas dapat menjaga diri serta keluarga nya dari bahaya HIV/AIDS dan dapat menjadi Peer Leader di lingkungan tempat mereka bekerja dan tinggal di Masyarakat. Ditengah beberapa kasus asusila yang terjadi di lingkungan TNI AU pada umum nya dan Paskhas pada khususnya.Agar di satuan Cakra Baskara tidak terjadi kasus memalukan yang demikian.



Prev : PUSDIKLAT PASKHAS BERI SANTUNAN KE WARAKAURI Next : Ceramah dan Pemeriksaan IVA PIA Cabang 05-02/G IV Denhanud 474 Paskhas