Jakarta (10/4). Pelaku sejarah Pasukan Gerak Tjepat (sekarang Korpaskhas) Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI Angkatan Udara di Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Beliau adalah Lettu (Purn) Kusnari NRP 478570 yang kini berusia 85 tahun dan Peltu (Purn) Rebo Hartono NRP 481835 yang kini telah berusia 79 tahun. Kedua purnawirawan tersebut merupakan Prajurit Pasukan Gerak Tjepat (PGT) sekarang lebih dikenal dengan Paskhas yang diterjunkan di Teminabuan, Papua.

Pada waktu itu sebanyak 81 PGT diterjunkan untuk menancapkan bendera Merah Putih di Papua berangkat melalui Lanud Ambon dan diterjunkan di Teminabuan, 60 orang gugur tertembak belanda sedangkan 21 orang lainnya mempertahankan diri sampai misi selesai.

Tujuan diundangnya pelaku sejarah tersebut untuk mengingatkan generasi muda tentang sejarah Negara Republik Indonesia di Teminabuan. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada pelaku sejarah pembebasan Irian Barat kala itu. Bendera Merah Putih pertama kali ditancapkan di tanah Papua yakni di Teminabuan.