Malang. Detasemen Matra 2 Paskhas menurunkan 70 Prajurit terbaiknya untuk mengikuti Latihan Sikatan Daya 2018 yang digelar oleh Koops AU II, Manuver lapangan digelar di AWR (Air Weapon Range) Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kamis, (06/09).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna berkesempatan menyaksikan secara langsung Manuver Lapangan yang melibatkan tidak kurang dari 400 personel dan 21 Pesawat Milik TNI AU diantaranya Boeing 737, Embraer Super Tucano, F-16, Sukhoi 30 MK2, T-50i Golden Eagle, Casa 212, Hely NAS 332 Super Puma, Hely EC 725 Cougar dan Hercules C-130 yang dipimpin oleh Koordinator Latihan Asops Koopsau II Makasar Kolonel Pnb Yani Ajat H,S.Sos.

Detasemen Matra 2 Paskhas terlibat sebagai Tim Dalpur, Tim Dallan, Tim Jumping Master, Tim SAR Tempur dan Tim GFAC yang dipimpin oleh Wakil Komandan Detasemen Matra 2 Paskhas Mayor Pas Jhon H. Siregar. Manuver lapangan diawali dengan penerjunan freefall Tim Dalpur, kemudian penembakan oleh pesawat tempur, penerjunan Satpur dan Tim Dallan serta diakhiri penerjunan CDS oleh pesawat angkut. Seluruh kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Latihan rutin ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesional prajurit TNI AU pada umumnya serta prajurit matra paskhas khususnya dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.” Tegas Komandan Detasemen Matra 2 Paskhas Letkol Pas Helmi Ardiyanto Nange, S.E,.M.M yang ikut secara langsung menyaksikan latihan di Lumajang kali ini.